Kamis, 01 Agustus 2013

Menulislah, dan rubahlah dunia

Wah, sudah lama tidak menulis. Tepatnya setelah sidang skripsi kelar, aku tidak pernah membuka Microsoft word untuk menulis. Kangen untuk menulis, sekedar menyampaikan apa yang selalu melayang di kepala setiap harinya dengan isu yang berbeda. Belakangan aku diserang hobby baru, yakni menonton dvd. Kemarin, aku menonton sebuah film yang cukup aku rekomendasikan. Judulnya the help. Tidak bermaksud untuk mereviewnya seperti yang aku biasa lakukan dihalaman Koran. Tapi pesan yang aku tangkap dari film tersebut. Menulislah dan rubahlah dunia. Lebih luas lagi yang aku pahami, lakukan apapun yang kamu bisa lakukan, untuk kebaikan banyak orang.
Sulitkah? Aku rasa belakangan semua orang lupa akan namanya saling peduli terhadap orang lainnya. Pendapatku semata? Atau pendapatmu juga? Skip. Lanjut pada sepenggal tentang The Help. Sepertinya aku menonton disaat yang tepat, ketika isu rasis kembali menimpa Amerika. Penggalan cerita yang sangat aku ingat dimana anak-anak dari orang kulit putih diasuh, dibesarkan, dan dicintai oleh pengasuh orang kulit hitam. Namun, pengasuh tersebut dilarang menggunakan toilet majikannya, dan menggunakan perlengkapan makan majikannya dengan alasan takut terkena penyakit orang kulit berwarna. Hingga muncullah ide dari seorang kulit putih yang mempunyai keahlihan menulis, untuk menyampaikan pesan anti rasisme kapada dunia dengan membuat novel berdasarkan kisah dari pembantu dan pengasuh kulit berwarna. Dunia pun akhirnya mulai sadar, dimana perbudakan, rasisme, dan ketidak persamaan, tentu harus dihapuskan. Meskipun setting waktu cukup lampau. Tapi menurutku, belum ada perubahan yang berarti pada masa kini. Perbudakan, rasisme, dan ketidak persamaan, tetap menjadi makanan sehari-hari. Lalu tugas siapa? Tugas kita bersama tentunya.
Jadilah disini aku mulai berfikir kembali, apa tujuan kita menulis? Merubah dunia? Yaaa…mungkin dalam hati ada keinginan tersebut. Tapi tidak ingin terlalu muluk-muluk, kini aku menulis hanya untuk dapat dinikmati dan yang terpenting dapat bermanfaat. Bukankah demikian? Selamat menulis J .ira

1 komentar: